Select Page

Pandemi Covid 19 sebagaimana yang ditetapkan oleh WHO telah berdampak pada kehidupan masyarakat hampir diseluruh dunia, dan tentu saja di komunitas di Indonesia.

Pandemi ini telah berdampak pada hampir semua sendi sendi kehidupan masyarakat. Pandemi yang kemudian telah ditetapkan menjadi Bencana Nasional non alam ini telah berjalan lebih dari 3 bulan , dan belum tahu kapan akan berakhirnya. Dalam Kebencanaan, Komunikasi dan Informasi memiliki Peran vital baik dalam upaya mitigasi maupun tanggap bencana. Dalam konteks Pandemi COVID-19, kita memasuki situasi bencana yang tanpa mitigasi tanpa Rencana Kontijensi dan datang tiba tiba.

Kita semua masuk dalam suasana yang memang dikenal sebelumnya, hal baru, istilah baru, protokol baru dan nyaris semua baru. Radio Komunitas dalam situasi ketidaktahuannya mencoba melakukan sesuatu untuk mencari tahu bersama, belajar bersama untuk membangun kesadaran bersama sama komunitas dalam menghadapi Pandemi COVID-19.

Mengenal COVID 19 dan pencegahannya dari berbagai rujukan dari Pemerintah, Lembaga terkait dan jejaring lainnya, kemudian menjadi materi audio yang diputarkan bersama sama di Radio Komunitas. Radio komunitas juga berkolaborasi dengan Gugus Tugas di Desa, forum PRB dll untuk bersama sama meresponnya ditingkat warga, misalnya ketika ada himbuan #dirumahsaja #pakaimasker #CuciTangan #JagaJarak #JanganMudik, dalam kegiatan on air bagaimana pesan pesan ini kemas dengan bahasa lokal yang Lebih mudah di pahami. Untuk kegiatan on land seperti distribusi masker, penyemprotan, penyediaan sarana cuci tangan , aktivis radio komunitas juga terlibat bersama sama dengan Tim Siaga Desa atau Gugus Tugas di Desa.

Memanfaatan media sosial, Pesan Pesan tanggap covid 19 juga disampaikan dalam bentuk audio maupun video pendek. Selama lebih dari 3 bulan menjadi media SIAGA COVID 19, tentu banyak sekali pengalaman penting yang didapat Radio Komunitas. Atas pertimbangan itulah perlu ada forum berbagi pengalaman apa yang sudah dilakukan radio komunitas dan radio darurat, serta menggali masukan dan tanggapan untuk memperkuat Peran radio komunitas di masa mendatang baik dalam tanggap COVID 19, menerapkan kebiasaaan baru maupun menyiapkan ketangguhan masyarakat menghadapai berbagai ancaman bencana di masa mendatang.

Diselenggarakan JRKI (Jaringan Radio Komunitas Indonesia ) didukung Kemkominfo, KPI Pusat dan BNPB 2 Juli 2020